Senin, 08 Oktober 2012

Nama-nama Hari dan Bulan

1. Nama-nama Hari
Senin,
Senin adalah hari kedua dalam satu pekan. Kata Senin atau Isnain diambil dari bahasa Arab yang berarti dua.
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Soma, yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti bulan, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.
Hari Senin adalah hari pertama masuk kerja. Senin juga merupakan hari pertama dalam minggu menurut ISO 8601. Dengan demikian menjadikan jumlah maksimum minggu dalam setahun adalah 54 minggu.


Selasa, 
Selasa adalah hari ketiga dalam satu pekan. Kata Selasa diambil dari bahasa Arab yang berarti tiga.
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Anggara, yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti planet Mars, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.
Jumat,
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Rabu,
Rabu adalah hari keempat dalam satu pekan. Kata rabu diambil dari bahasa Arab yang berarti empat.
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Budha, yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti planet Merkurius, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.
Hari Rabu berada tepat pada pertengahan pekan.


Kamis,
Kamis adalah hari kelima dalam satu pekan. Kata kamis atau khamis diambil dari bahasa Arab yang berarti lima.
Nama lain lagi untuk hari ini adalah WrehaspatiWrespati atau Respati yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti planet Yupiter, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Jumat,
Jumat adalah hari keenam dalam satu pekan. Kata Jumat diambil dari Bahasa ArabJumu'ah yang berarti ramai.
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Sukra, yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti planet Venus, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.
Pada hari Jumat umat Muslim beribadah di mesjid dengan melaksanakan Salat Jumat yang beribadah beragama Islam bersembayang pergi ke Mesjid.


Sabtu,
Sabtu adalah hari ketujuh dalam satu pekan atau minggu. Kata Sabtu diambil dari bahasa Ibranisabat (שבת "shabat") yang berarti "berhenti bekerja".
Nama lain lagi untuk hari ini adalah Saniscara, yang diambil dari bahasa Sanskerta dan berarti planet Saturnus, mirip dengan pengertian dalam beberapa bahasa-bahasa di Eropa, misalnya dalambahasa Inggris, hari Sabtu adalah "Saturday" (dari "Saturn" (=Saturnus) + "day" (=hari)).
Selain itu ada lagi kata dalam bahasa Jawa, yaitu tumpek. Di Bali tumpek adalah hari Sabtu Kliwon.


Minggu,
Minggu, hari Minggu atau hari Ahad (bahasa Arab: الأحـد) adalah hari pertama dalam satu pekan. Kata minggu diambil dari bahasa Portugis, Domingo. Dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu.[1] Baru sekitar akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, kata ini dieja sebagai Minggu.
Kata minggu (m dalam huruf kecil) berarti pekan, satuan waktu yang terdiri dari tujuh hari.
Nama lain hari Minggu adalah Ahad yang berarti satu dan diambil dari bahasa Arab. Nama lain lagi untuk hari ini adalah AdityaRadityaRedite atau Dite yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti matahari, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.
Hari Minggu adalah sebuah hari libur di negara-negara Barat maupun di beberapa negara di Bumi belahan Timur. Bagi umat Kristen, hari Minggu merupakan hari untuk beristirahat dan beribadah.

2. Nama-nama Bulan
Januari,
Januari (InggrisJanuary) adalah bulan pertama tahun dalam Kalender Gregorius. Kata ini diambil dari Bahasa BelandaJanuari yang mengambil dari bahasa Latin Janusdewa pintu.
Bulan ini memiliki 31 hari.
Hari pertama bulan ini, 1 Januari disebut dengan Hari Tahun Baru, dan merupakan hari perayaan di kebanyakan negara.

Februari,
Februari adalah bulan kedua tahun dalam Kalender Gregorius. Kata ini diambil dari Bahasa Belanda Februari yang mengambil dari bahasa LatinFebruusdewapenyucian. Bulan ini merupakan bulan istimewa sebab panjangnya bisa 28 atau 29 hari, pada Tahun Kabisat. Variasi pengejaan nonbaku yang kadang-kadang dipakai adalah "Pebruari".
Pada waktu dahulu Februari adalah bulan penghabisan, sampai tahun 450 sebelum Masehi, ketika akhirnya ditaruh di belakang Januari. Maret pernah sebagai permulaan tahun, dan Februari sebagai bulan penghabisan. Tetapi akhirnya Februari kembali ditaruh sebagai bulan ke-2. Oleh bangsa Romawi bulan ini dipandang sebagai waktu untuk merayakan upacara penyucian.

Maret,
Maret adalah bulan ketiga dalam Kalender Gregorian. Kata ini diambil dari bahasa Belanda "Maart" yang berasal bahasa Latin "Mars" yang dipercaya sebagaidewa perang Romawi. Mars juga diabadikan sebagai nama sebuah planet di Tata Surya.
Pada awalnya, Maret adalah bulan pertama dalam Kalender Romawi. Akan tetapi, pada tahun 45 SMJulius Caesar menambahkan bulan Januari dan Februari di depannya. Bulan ini memiliki 31 hari.

April,
April adalah bulan keempat dalam Kalender Gregorian. Namanya diambil dari bahasa Latin "aperire" yang berarti membuka. Bulan ini memiliki 30 hari.

Mei,
Mei adalah bulan kelima dalam Kalender Gregorian. Namanya berasal dari bahasa Latin yang kemungkinan besar merujuk kepada Dewi Maia. Bulan ini memiliki 31 hari.

Juni,
Juni adalah bulan keenam tahun dalam Kalender Gregorius. Kata ini diambil dari Bahasa Belanda yang mengambil dari bahasa Latin dewi Junosakti atau istridaripada dewa Jupiter. Bulan ini memiliki 30 hari.

Juli,
Juli adalah bulan ketujuh dalam Kalender Gregorian. Namanya diambil dari nama Kaisar RomawiJulius Caesar, yang lahir pada bulan ini. Sebelumnya, bulan ini disebut Quintilis yang berarti kelima dalam bahasa Latin karena pada mulanya, Kalender Romawi diawali pada bulan Maret. Bulan ini memiliki 31 hari, sama dengan bulan setelahnya, Agustus.

Agustus,
Agustus adalah bulan kedelapan dalam satu tahun Kalender Gregorian. Asal-usul kata ini tidaklah begitu jelas, tetapi kemungkinan besar diambil dari bahasa Portugis "Agosto" yang dipengaruhi oleh bahasa Belanda "Augustus". Kedua nama tersebut merujuk kepada Kaisar RomawiOctavianus Augustus. Sebelumnya, bulan ini disebut Sextilis yang berarti keenam dalam bahasa Latin.
Agustus adalah satu dari tujuh bulan lain yang memiliki 31 hari. Pada tahun biasa, tidak ada bulan lain yang dimulai pada hari dalam minggu yang sama seperti pada bulan Agustus walaupun pada tahun kabisat, bulan Februari dimulai pada hari yang sama. Bulan Agustus berakhir pada hari yang sama dengan bulanNovember setiap tahunnya.

September,
September adalah bulan kesembilan tahun dalam Kalender Gregorian. Kata ini diambil dari Bahasa Belanda yang mengambil dari bahasa Latinseptem yang berarti "tujuh" karena dahulu kala tahun bermula pada bulan Maret, kemudiannya ditukar pada 153 SM.
Bulan ini memiliki 30 hari.

Oktober,
Oktober adalah bulan kesepuluh tahun dalam Kalender Gregorian. Kata ini diambil dari Bahasa Belanda yang mengambil dari bahasa Latinocto yang berarti "delapan" karena dahulu kala tahun bermula pada bulan Maret.
Bulan ini memiliki 31 hari.

November,
ovember adalah bulan kesebelas tahun dalam Kalender Gregorian. Kata ini diambil dari Bahasa Belanda yang mengambil dari bahasa Latinnovem yang berarti "sembilan" karena dahulu kala tahun bermula pada bulan Maret. Bulan ini memiliki 30 hari. Variasi pengejaan nonbaku yang kadang-kadang (namun tidak dianjurkan) dipakai adalah "Nopember".

Desember,
Desember adalah bulan keduabelas tahun dalam Kalender Gregorian. Kata ini diambil dari Bahasa BelandaDecember yang mengambil dari bahasa Latin;decem yang berarti "sepuluh" karena dahulu kala tahun bermula pada bulan Maret. Bulan ini memiliki 31 hari.




[sunting]




[sunting]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar